Riau

Pemilu Makin Dekat, Kapolda Riau Bersama Polres Rohul Laksanakan Coffe Morning 

ROHUL, RIAULINK.COM - Polres Rokan Hulu bersama KPU dan Bawaslu menggelar coffe morning bersama Kapolda Riau Irjen Pol Mohammad Iqbal melalui zoom meeting.

Hal itu berkaitan dengan kesiapan pemungutan suara Pemilu tahun 2024 di Provinsi Riau.

Dalam zoom meeting itu, Kapolda Riau  menyampaikan terkait upaya - upaya dan kesiapan pengamanan yang telah dilaksanakan oleh Polda Riau dan jajaran dalam menjaga situasi Kamtibmas pada Pemilu tahun 2024.

"Ucapan syukur kehadiran Allah SWT atas limpahan rahmat dan nikmat sehingga kegiatan coffee morning ini dapat kita laksanakan," katanya.

Dia berterimakasih kepada semua yang telah menyempatkan waktu untuk hadir dalam kegiatan coffee morning kesiapan pemungutan suara Pemilu tahun 2024 di Provinsi Riau. 

"Saat ini Polda Riau dan Polres jajaran termasuk jajaran Polsek telah melaksanakan  kegiatan cooling system guna menciptakan pemilu yang aman, damai dan sejuk," ujarnya.

Selian itu, juga telah dilaksanakan kegiatan yang bersentuhan dengan masyarakat, berupa acara doa bersama mulai dari tingkat Polda sampai dengan tingkat Polsek jajaran. 

"Jelang 10 Februari akan dilaksanakan apel gabungan yang melibatkan semua pihak," ujarnya.

Kapolda menjelaskan, untuk menciptakan pemilu damai yang berkeselamatan tahun 2024, Polda Riau dan Polres jajaran melaksanakan deklarasi tertib dalam berlalu lintas.

"Saat ini Polda Riau beserta Polres jajaran setiap harinya melaksanakan apel terkait Operasi Mantap Brata (OMB), sehingga dukungan operasional dan administrasi terkait operasi OMB pemilu tahun 2024," terangnya.

Tak luput, Irjen Pol M Iqbal menyampaikan terkait kelengkapan dan kendaraan personil dalam pengamanan pemilu tahun 2024, kegiatan pengawalan logistik telah dilaksanakan oleh Polda Riau baik melalui jalur darat maupun laut.

"Kendala yang dihadapi adalah kondisi curah hujan yang tinggi yang mengakibatkan banjir sehingga dengan segala upaya Polda Riau dan jajaran dapat mengantarkan logistik Pemilu tahun 2024 dapat sampai tujuan dengan aman dan lancar," ucapnya 

Ditambahkannya, penyampaian tentang manajemen pengamanan objek Pemilu, dimana telah diterbitkannya SOP pengamanan objek vital Pemilu tahun 2024.

 "Manajemen objek pemilu tahun 2024 dimana tersedianya kelengkapan penunjang pelaksanaan tugas di Pos pengamanan," paparnya.

"Polda Riau juga telah melaksanakan Lomba Karya Jurnalistik Polda Riau dengan tujuan memberikan berita sejuk tentang pemilu 2024 yang aman dan damai. Dilanjutkan dengan diskusi terkait kesiapan -  kesiapan, kendala kendala pelaksanaan pengamanan pemilu tahun 2024 di wilayah Polres jajaran Polda Riau," pungkasnya.

Di tempat yang sama, pasca zoom meeting, Kapolres Rohul AKBP Budi Setiyono menjelaskan, Dmembenarkan kegiatan  dalam pemantapan OMB Lancang Kuning terkait mensukseskan Pemilu 2024. 

"Tadi ada, penyampaian Kanwil Kumham Riau terkait jumlah tahanan yang sudah terdaftar di DPT serta TPS Khusus yang ada di wilayah Provinsi Riau, termasuk pengarahan Kadis Dukcapil Provinsi Riau terkait jumlah penduduk yang telah memiliki hak pilih dan terdaftar dalam DPT," kata AKBP Budi.